Jumat, 11 Desember 2009

LAKSA - 2



Ini resep dengan porsi besar...
kurang lebih untuk 20 orang...
jadi kalau mau bikin untuk 4 atau 5 orang tinggal disesuaikan saja ...

OK!?
Bahan: 2 ekor ayam (tiap ekor dipotong 4 bagian), 300 gram bihun (rendam di air panas kemudian tiriskan), 200 gram taoge (siangi kemudian seduh air panas), 10 butir telur (rebus matang kemudian potong melintang), 1 liter air, 1 liter kaldu ayam (hasil rebusan ayam), 2 liter santan (campuran santan cair dan santan blok).

Bumbu yang dihaluskan: 15 butir bawang  merah10 siung bawang putih, 10 butir kemiri sangrai , 3 sdm kunyit bubuk, 2 sdm ketumbar,  2 sdm ebi (rendam dulu di air panas).

Bumbu lainnya: 6 lembar daun jeruk, 4 lembar daun salam, 5 batang serai memarkan, 5 cm jahe memarkan, 5 cm lengkuas memarkan, gula jawa, garam, merica, kaldu bubuk rasa ayam (jika dibutuhkan).


Pelengkap: 2 cabai merah besar (iris menyerong), daun kemangi/basil (potong kasar daunnya),  bawang goreng, jeruk nipis, emping.

Cara membuat:

1. Ayam direbus sampai empuk, angkat dan suwir2 daging ayam, tulang ayam dikembalikan ke air bekas rebusan, pisahkan lemak ayam dan tulang ayam dari kaldu ayam.

2. Siapkan minyak sayur di penggorengan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai wangi, kemudian masukan bumbu2 lainnya, kecuali: garam, gula jawa, merica, dan kaldu bubuk.

3. Masukan bumbu hasil tumisan ke dalam kaldu ayam, kemudian masukan santan dan masak hingga mendidih, lalu masukan garam, gula jawa, merica, dan kaldu bubuk (jika perlu) secukupnya hingga rasanya enak dan gurih.

4. Sajikan lontong, bihun, tauge, potongan telur, dan ayam suwir di dalam mangkuk, siram dengan kuah laksa panas. Taburi bawang goreng dan daun kemangi, sajikan dengan irisan jeruk nipis dan emping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar