Jumat, 16 Oktober 2009

COMBRO atau COMRO (?) MAU RENYAH, APA RAHASIANYA???


Nama makanan yang satu ini adalah singkatan atau akronim dari oncom dijero (bhs. Sunda) alias oncom di dalam. Jadi ejaan yang bener kayaknya COMRO bukan COMBRO! Sangat nikmat kalau disantap dalam keadaan hangat, dengan segelas teh manis hangat atau secangkir kopi. Apalagi di musim hujan ....

Ingin tahu cara membuatnya???? Ada rahasia ... supaya makanan ini renyah dan krispi alias kriuk-kriuk di gigitnya, coba perhatikan resep di bawah ini.

Bahan: 2 kg singkong + satu butir kelapa parut + jangan lupa oncom! Ada dua jenis oncom, keduanya dapat digunakan sebagai isi comro, jadi anda bisa gunakan oncom beureum (yang warnanya merah) atau oncom hideung (yang warnanya hitam). Rasanya lain, silakan coba keduanya! Oncomnya cukup dua papan aja!

Bumbu: 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 batang bawang daun, cabe rawit sesuai selera, minyak goreng , dan garam serta penyedap rasa secukupnya.

Cara membuat?????
Singkong di kupas, lalu dicuci bersih, terus diparut. Campurkan parutan singkong dengan parutan kelapa.
Siapkan oncom untuk isinya. Caranya: tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris halus, setelah wangi masukkan oncom yang sudah dihancurkan (diremes-remes aja pake tangan), lalu masukkan bawang daun yang sudah diiris, dan cabe rawit yang sudah digerus halus (sesuai selera. kalau mau pedas banget tambah lagi!), lalu tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya, dan tambahkan sedikit air (kira-kira setengah gelas atau 125 cc), biarkan oncom sampai agak kering.
Setelah oncom diangkat dan didinginkan, baru kita mulai membentuk comro. Caranya:  sebaiknya menggunakan plastik sebagai alas, ambil parutan singkong dan kelapa yang sudah diocampur tadi, dibentuk bulat pipih, kemudian ambil tumis oncom secukupnya, dibentuk lagi menjadi bulat lonjong dengan oncom di dalamnya. terus diulang sampai adonan parutan singkong habis.
Siapkan penggorengan dan minyak goreng, mulai kita goreng comro yang sudah dibentuk tadi sampai terlihat berwarna kuning kecoklatan. Setelah diangkat ditiriskan sebentar supaya minyaknya turun, lalu... siap disantap!!!!!

Mau coba? ayo buru-buru belanja bahan-bahannya!!!!

Tips:
Dari resep ini dihasilkan kira-kira 35-40 buah comro ukuran sedang. Resep bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar