Kamis, 15 Oktober 2009

Gulai Itik


Dibanding daging ayam, daging itik relatif masih sedikit penggemarnya. salah satu alasannya, katanya, daging itik dianggap lebih berbau amis dibandiung dengan dagi ayam. Padahal kalau kita bisa memasaknya, amboi daging itik ini merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara yang patut diuji rasanya! Di sini saya mencoba menghidangkan salah satu menu itik.

Bahan yang dibutuhkan:
1 ekor itik , kira-kira 1 1/4 kg; minyak sayur 6 sendok makan; asam kandis 4 potong; daun jeruk purut 5 lembar; serai 2 batang (memarkan); air kira-kira setengah liter.

Bumbu yang dihaluskan:
cabe hijau 3,5 ons; bawang outih 5 siung; bawang merah 15 siung; lengkuas 5 cm; kemiri 12 butir; merica bulat 1/2 sendok makan; kunyit 4 cm; jahe 4 cm garam secukupnya.

Cara memasak:
Potong itik menurut selera lalu cuci bersih;  tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan serai dan daun jeruk purut; masukkan potongan-potongan daging itik lalu aduk sampai kenyal; tambahkan air dan masak sampai lunak; masukkan asam kandis; biarkan kuah mengental; setelah kuah mengental, masakan siap dihidangkan.


Sedikit tips:
Supaya daging itik tidak amis/anyir, satu jam sebelum itik dipotong minumkan satu sendok makan cuka; untuk mendapat daging itik yang bersih sebelum mencabuti bulu itik, laburi terlebioh dahulu tangan kita dengan abu dapur panas; buanglah minyak dari pantat (brutu) atau seluruh pantatnya; supaya warna hijau pada masakan bagus, bumbu yang sudah dihaluskan harus segera (langsung) ditumis dalam minyak yang cukup panas

selamat mencoba .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar