Kamis, 15 Oktober 2009

Ayam Panggang Khas Padang


Masakan padang... siapa tak kenal? Nyaris sudah menjadi selera nusantara. Karena kekhasannya sudah dikenal luas, maka jika kita berada di tempat yang 'agak asing' di nusantara ini pilihan pertama pasti ke rumah makan padang!  Ayam panggang ... juga menu yang sudah tak asing lagi bagi peminat kuliner nusantara. banyak ragam yang ditawarkan. kali ini kita coba Ayam Panggang Khas Padang. Penasaran? ayo kita bikin sama-sama!

Bahan yang harus disediakan:
Ayam ukuran sedang 2 ekor.

Bumbu:
Lengkuas 2 ruas; cabai giling 4 sendokmakan; bawang merah 8 siung; bawang putih 4 siung; lada 1 sendok teh; kemiri 8 butir; jahe 2 ruas; kunyit 2 ruas; asam, garam dan santan secukupnya.

Cara memasaknya:
Ayam dipotong menurut selera, cuci hingga bersih; bawang merah, bawang putih di iris tipis, lengkuas, serai dimemarkan, semua bumbu dihaluskan; tumis bawang merah dan bawang putih;masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, serai. lengkuas, cabe giling, terakhir masukkan ayam; tuang 2 gelas air didihkan, masukkan garam, lada serta asam tunggu sampai ayam matang; masukkan santan, tunggu sampai mengeluarkan minyak dan aduk perlahan-lahan, lalu angkat; panggang ayam di atas bara api arang; angkat lalu sajikan dengan sedikit sisa kuahnya dituang di atasnya.
sedaaap!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar